Diperbarui pada 29 Juli 2016 13:33


Jurusan Ilmu Komunikasi UIN SGD Bandung

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan salah satu dari lima program studi yang ada di Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung, dan memusatkan kajian dan penelaahan dalam bidang kejurnalistikan dan kehumasan dengan landasan pada komunikasi profetik. Jurusan ini terdiri dari prodi, yaitu Jurnalistik dan Humas (Hubungan Masyarakat).

Program Studi Ilmu Komunikasi tidak menganut dikotomi ilmu agama-ilmu umum melainkan justru memandang ilmu-ilmu tersebut sebagai suatu entitas yang integrated dan integral. Dengan demikian Program Studi Ilmu Komunikasi berupaya mencetak sarjana Ilmu Komunikasi yang beriman dan bertakwa yang unggul, kompetitif, memiliki daya saing yang diproyeknsikan untuk menjadi praktisi, peneliti, dan konsultan di bidang komunikasi (jurnalistik dan humas).

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pendiriannya didasarkan pada Nomor SK Keputusan Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No. E/114/1998 tanggal 25 Mei 1998 yang ditandatangani oleh Malik Fadjar dan Izin Operasionalnya didasarkan pada SK Dirjen Pendidikan Tinggi No. 2486/D/T/2001 dan telah terakreditasi B dengan Nomor SK BAN-PT: 039/ulai mulai BAN-PT/Ak-X/S1/IV/2008.

Program Studi Ilmu Komunikasi sampai saat ini memiliki 29 (dua puluh sembilan) dosen tetap yang terdiri atas 1 (satu) orang Guru Besar, 11 (sebelas) orang Doktor, dan 14 (empat belas) orang berpendidikan S2, dan 4 (empat) orang sedang menyelesaikan program doktor (S3), serta 3 (tiga) orang yang masih S1 tetapi sedang menyelesaikan studi S2. Selain dosen tetap, terdapat 4 (empat) dosen luar biasa yang mengampu berbagai mata kuliah non-keahlian program studi. (Lihat Daftar Dosen)

Visi:
Menjadi program studi terkemuka dalam bidang komunikasi tahun 2023.

Misi:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan akademik profesional di bidang ilmu komunikasi.
  2. Mengembangkan keilmuan melalui studi-studi di bidang ilmu komunikasi melalui kegiatan penelitian.
  3. Menyebarluaskan hasil kajian keilmuan bidang ilmu komunikasi melalui program-program pelatihan yang relevan.


Tujuan:

  1. Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang berkualitas dan berkeahlian dasar ilmu jurnalistik dan humas yang mampu berperan dalam pengembangan dakwah.
  2. Menghasilkan sarjana muslim yang mampu mengelola dan mamangku posisi tertentu sesuai dengan keahlian dalam kegiatan-kegiatan produktif dan pelayanan masyarakat.
  3. Menghasilkan sarjana ilmu komunikasi yang memiliki keterampilan praktis dalam bidang ilmu komunikasi, khususnya dalam bidang kejurnalistikan dan kehumasan.
  4. Menghasilkan sarjana muslim yang mampu pengembangkan program ilmu komunikasi yang dilandasi moral, iman, dan taqwa dalam keterpaduan proses pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru





Tautan Terkait