Diperbarui pada 29 Juli 2016 15:02


Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) berdiri tahun 1993. Berdasarkan surat Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 393 tahun 1993, yang diperkuat oleh Keputusan Menteri Agama Nomor 407 tahun 1993 tanggal 31 Desember 1993. Jurusan BPI ditetapkan sebagai salah satu jurusan di di Fakultas Dakwah (sekarang Fak Dakwah dan Komunikasi) IAIN (sekarang UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, yang dijelskan pada bagian Ketiga Pasal 76-77 KMA tersebut.

KE-KHAS-AN JUR. BPI

BPI di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, memiliki ciri khas yang berbeda dengan Bimbingan dan Konseling yang berkembang di Indonesia, yaitu Bimbingan dan Konseling (BK) pendidikan dan Bimbingan dan Konseling Psikologi. Sedangkan Jurusan BPI dikembangkan dengan ciri khas yang lebih mengarah kepada Counseling for All (Konseling untuk masyarakat luas) dalam bingkai Ilmu Dakwah dengan basis konseling agama. Sehingga Konseling Pendidikan dan Konseling Psikologi merupakan bagian integral dari wilayah kajian BPI sesuai dengan rumpun Ilmu Dakwah yang menjadi induknya.

TUJUAN JUR. BPI

Jurusan BPI siap mencetak tenaga-tenaga professional sebagai Pembimbing, Penyuluh, Konselor, dan Terapist agama/spiritual yang banyak dibutuhkan dalam berbagai sektor, sesuai dengan trend perkembangan saat ini yang butuh sisi spiritual dalam berbagai aspek kehidupan. Karena itu keahlian Jurusan BPI, diorientasikan kepada: Keahlian teoritik dan Keahlian Praktik di bidang bimbingan, penyuluhan, konseling, dan psikoterapi Islam.


Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru





Tautan Terkait