Diperbarui pada 16 Maret 2019 17:18


Jurusan Manajemen Dakwah

Jurusan Manajemen Dakwah (MD) lahir tahun 1995, sebagai jawaban atas perkembangan dan tuntutan kebutuhan, sekaligus menganulir pemahaman reduksionis yang menganggap Dakwah sebagai Khitabah (ceramah).

Dibukanya jurusan Manajemen Dakwah, mendapat sambutan baik dan menarik peminat dengan angka yang cukup signifikan. Bukti nyata dari antusiasnya masyarakat, hari ini, sudah tersebar lulusan Jurusan Manajemen Dakwah di berbagai wilayah yang mengaku posisi penting diberbagai intansi terkemuka.

Visi

Menjadi program studi unggul dan inovatif dalam bidang Manajemen Dakwah (Tadbir) Tingkat Asia Tenggara pada tahun 2025.

Misi

  1. Melakukan studi-studi baru tentang Manajemen Dakwah (tadbir), baik sebagai ilmu maupun sebagai aktivitas manusia untuk merumuskan konsep-konsep baru pada bidang Manajemen Dakwah.
  2. Melakukan studi atau riset tentang Manajemen Dakwah untuk menemukan relevansi dan nilai daya guna fungsional dalam kegiatan dakwah Islam.
  3. Menyiapkan kader mudabir profesional dalam bidang Manajemen Dakwah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya dalam pelayanan :
a.   Pengelolaan majelis ta’lim
b.   Pengelolaan masjid
c.   Pengelolaan organisasi kemasyarakatan islam
d.   Pengelolaan organisasi politik islam
e.   Pengelolaan pelaksanaan ibadah haji, umrah, ziarah
f.   Pengelolaan zakat, infaq, shadaqah
g.   Pengelolaan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dakwah
h.   Pengelolaan lembaga keuangan islam
    4.  Menyiapkan kader mudabir yang berakhlak mulia untuk menjadi warga negara yang berkualitas dan mandiri serta mampu menemukan,    

         mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi dakwah dalam kehidupan nyata di masyarakat.

    5.  Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan mengembangkan kerjasama kemitraan dalam bidang Manajemen Dakwah (tadbir),

         riset, dan pengembangan sumberdaya insani.







Tujuan

  1. Memiliki keahlian dasar dalam memaami, menjelaskan dan memecahkan masalah-masalah yang ada dalam kawasan keahliannya, yakni bidang Manajemen Dakwah, baik secara teoritik maupun praktik;
  2. Memahami asas-asas pengelolaan dan mampu memangku posisi-posisi tertentu sesuai dengan keahliannya dalam kegiatan-kegiatan produktif dan pelayanan masyarakat;
  3. Memiliki keterampilan praktis dalam bidang Manajemen Dakwah sekaligus memahami posisi Manajemen Dakwah dalam kerangka dakwah islam umumnya;
  4. Mengembangkan program studi Manajemen Dakwah dengan memberikan landasan etik dan moral dalam keterpaduan proses dan pemanfaatan ilmu pengetahuan, keimanan dan ketakwaan.

Lapangan kerja Manajeman Dakwah

Ilmuwan dakwah, (dosen, peneliti) staf atau pengelola instansi pemerintah yang terkait perencanaan dan pengelolaan kelembagaan dakwah; tenaga professional dalam kegiatan perencanaan dan pengelolaan pengembangan kehidupan dan kepemimpinan umat pada setiap tingkatan; manajer pada lembaga swasta (profit/non profit) organisasi masyarakat, NGO, organisasi politik; pengelolaan lembaga islam pemerintah baik swasta dan lembaga-lembaga lain yang menjadi konsen jurusan Manajemen Dakwah.



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru







Tautan Terkait