Diperbarui pada 06 April 2018 16:29


Jurusan PMI Siap Hadapi Akreditasi BAN-PT

BANDUNG- Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung menyatakan siap menghadapi penilaian akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terhitung mulai dari bulan November-Februari 2019. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Jurusan PMI, Saeful Anwar bahwa kesiapan sudah ditunjukan jauh-jauh hari dengan melakukan berbagai langkah untuk meraih nilai akreditasi A.


Saeful Anwar  mengatakan, dalam menghadapi akreditasi oleh BAN-PT, respon cepat langsung dilakukan pihak jurusan dengan membentuk tim akreditasi. Dibentuknya tim ini dimaksudkan agar pemenuhan dari standar akreditasi yang ditetapkan bisa terpenuhi. “Persiapan terhitung delapan bulan. Enam bulan sebelum jatuh tempo, borang yang berisi catatan akreditasi dan data sudah harus disetorkan. Itu persiapan yang dilakukan Jurusan PMI yang mudah mudahan meraih nilai yang diinginkan yaitu nilai A,” katanya saat ditemui di Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Selasa (27/3/2018).

Ditemui di ruangan yang sama, Sekretaris Jurusan PMI, Dedi Herdiana melontarkan pernyataan senada bahwa Jurusan PMI sangat siap dalam menghadapi akreditasi BAN-PT terhitung mulai november nanti. Dengan nada optimis, Dedi menegaskan bahwa Jurusan PMI harus mendapatkan nilai yang diharapkan.

Optimisme Dedi bukan tanpa dasar, beliau menilai persiapan jurusan PMI bisa dikatakan sudah matang. "Dengan melihat kondisi objektif borang akreditasi katakanlah hari ini sudah sampai 75 persen, artinya penyelesaiannya masih 25 persen, dan itu bisa terkejar meskipun tenaga kita hari ini terbagi. Dengan kondisi objektif seperti ini kami berharap Jurusan PMI mendapat nilai A,” tegasnya.

Selain kondisi objektif jurusan, Dedi menambahkan, kuantitas dan kualitas dosen, alumni juga mahasiswa memiliki peran vital dan tentu menyumbang pengaruh besar terhadap penilaian akreditasi. Besar atau kecil prestasi dosen, mahasiswa, dan alumni akan sangat berpengaruh terhadap penilaian.

Dedi mengimbau, untuk memantapkan kesiapan dalam menghadapi akreditasi, seluruh elemen harus bersinergi mewujudkan sukses jurusan PMI meraih akreditasi A. “Seluruh elemen dari mulai pengelola jurusan, dosen, mahasiswa, serta alumni semuanya terlibat dalam persoalan akreditasi. Sinergi seluruh elemen di jurusan dengan ditopang kondisi objektif saat ini, tentu kita siap dan optimis meraih akreditasi A,” pungkasnya.


Reporter  : Abiyyu Ghulman Gunawan

Penyunting: Riska Yunisyah Imilda




Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru







Tautan Terkait