Diperbarui pada 10 April 2018 23:16


ICOMACS: Dedikasi FDK di Dies Natalies UIN Bandung


BANDUNG—Fakultas Dakwah dan Komunikasi menggelar acara International Conference on Media and Communication Studies (ICOMACS) sebagai bentuk dedikasi atas peringatan Dies Natalis UIN Bandung ke-50. Acara yang bertema “Discovering The New Trends of Communication in Media Culture In Asia” ini berlangsung 4-5 April 2018 di Ballroom Hotel Bidakarya Grand Savoy Homann, Jalan Asia Afrika No. 112, Cikawao, Lengkong, Kota Bandung.

Salah satu tamu asal Filipina dan sekaligus pemateri, Louie Divinagracia memberi apresiasi untuk gelaran ICOMACS. Louie mengungkapkan, senang dan bangga bisa jadi salah satu bagian dari acara ini. “Saya pikir kegiatan ini sangat baik, apalagi ICOMACS merupakan pertemuan internasional pertama di UIN Bandung,” ungkapnya.

Betty Tresnawaty selaku ketua pelaksana menyatakan, ICOMACS menjadi momentum meningkatkan kualitas dosen di bidang penelitian serta mempersolid tali silaturahmi. “Acara ini sebagai wadah bertemunya para praktisi dan peneliti untuk berdiskusi serta membicarakan fenomena yang ada di negara mereka,” kata Betty, Rabu (4/4/2018).

Selain dari pada itu, Betty berharap ICOMACS bisa menumbuhkan semangat para peneliti dan dosen untuk membuahkan karya terbaiknya. Lebih lanjut, Betty menegaskan bahwa diskusi tidak hanya membahas seputar media sebagai fokus pembahasan pada tema. Para peniliti, praktisi serta dosen juga difokuskan untuk membahas masalah sosial, agama dan fenomena komunikasi yang tengah berkembang.

Wakil Dekan (Wadek) III Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Dadan Suherdiana menuturkan bahwa diskusi tersebut menjadi wadah bagi para akademisi di bidang komunikasi untuk menambah wawasan serta membuka cakrawala menganai fenomena media komunikasi dewasa ini. Senada dengan Betty, Wadek III FDK berharap ICOMACS bisa memompa gairah bagi para praktisi, dosen, dan peneliti untuk menghasilkan karya terbaik.

Setelah berbagai acara selesai dihelat, konferensi internasional ini ditutup oleh agenda kunjungan ke Museum Konferensi Asia Afrika (KAA), Jalan Asia Afrika No.65, Braga, Kota Bandung, Kamis (5/4/2018) untuk mengenal lebih jauh sejarah Konferensi Asia Afrika. Betty berharap, acara seperti ini terus ada. “Harapan saya ke depan, mudah-mudahan ICOMACS bisa terus berjalan dan menjadi acara tahunan.” pungkasnya.

Reporter  : Abiyyu Ghulman Gunawan

Penyunting: Riska Yunisyah Imilda



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru







Tautan Terkait