Diperbarui pada 09 Juli 2019 19:00


Tiga Dosen Fakultas Dakwah Diamanahi Petugas Haji

[www.fdk.uinsgd.ac.id] Tiga Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Aef Kusnawan, M.Ag., Dr. H. Dadan Suherdiana, M.Ag., dan H. Arif Rahman, S.Ag., M.Pd. mendapatkan amanah sebagai petugas haji Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). 

Rabu, 3 Juli 2019, ketiga dosen yang juga Wakil Dekan Keuangan dan Kepegawaian, Wakil Dekan Kemahasiswaan Fakultas Dakwah, dan Ketua Jurusan Manajemen Dakwah tersebut berangkat menuju tanah suci. 

Aef Kusnawan tampak berpamitan melalui grup dosen,"Kepada semua civitas FDK, mulai hari ini saya permisi berangkat untuk melaksanakan tugas melayani Para Tamu Allah di Tanah Suci. Mohon maaf,"tulisnya.

Pamitnya ketiga dosen fakultas tersebut dilakukan setelah sebelumnya melaksanakan Walimatus Safar pada Rabu, 26 Juni 2019 di Aula Fakultas Dakwah.

Selain tiga dosen yang menjadi petugas haji, tiga dosen lainnya mendapatkan amanah menjadi pembimbing ibadah haji, yaitu Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag., dan Dr. H. Imran Rasyidi, M.Si. 

Dekan FDK, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag menyampaikan apresiasi dan rasa syukur yang tertinggi kepada keenam dosen tersebut sebagai wujud pengabdian dan eksistensi atas diakuninya dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi di masyarakat.

"Kita semua patut bangga, setiap tahunnya SDM kita menjadi petugas pembimbing haji. Hal ini sebagai bentuk eksistensi sekaligus pengabdian masyarakat", ujarnya.

Selain itu, Sarbini menyampaikan salah satu bentuk implementasi keilmuan dalam rumpun ilmu dakwah adalah manajemen dakwah. Secara praktis haji dan umroh berada dalam core keilmuan jurusan Manajemen Dakwah dan Fakultas Dakwah & Komunikasi.

"Ini bagian dari implementasi keilmuan di lingkungan FDK. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sejak 2015 FDK dipilih menjadi pelaksana Sertifikasi Pembimbing Ibadah Haji dan Umroh", tambahnya.

Acara tasyakur dihadiri oleh seluruh Civitas akademika FDK baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan, support system, dan lain-lain. Acara diisi oleh tausyiah yang disampaikan Dr. H. Zainal Abidin, M.Ag dan Dr. H. Syukriadi Sambas, M.Ag.

Bagi Zainal Abidin, yang pertama kali menjadi pembimbing ibadah haji dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, hal ini merupakan berkah dari UIN, karena tidak mungkin yang menjadi pembimbing ibadah haji itu dari ITB. 

"Seorang direktur Boschca bertanya kepada saya, pak Zaenal, kenapa dosen-dosen UIN masih mudah sudah ke Mekkah, jawab saya, karena yang paling mungkin menjadi pembimbing dari dosen UIN bukan dari UNPAD atau ITB,"cerita Zaenal sekaligus membuka tausiahnya kepada seratusan dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 

Sementara pesan Dekan periode 2006-20014, Dr. K.H. Syukriadi Sambas, M.Si menegaskan bahwa menjadi petugas dan pembimbing haji itu sebagai pendidik. 

"Delegasi dari FDK itu menyandang sebagai pendidik, maka pembimbing harus menjadi teladan. Intinya harus meneladankan sosok Ismail dan Ibrahim," ujar Sukri.***[]



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru



11 November 2019 14:08

KPMJ Siap Sukseskan Event FDK




Tautan Terkait