Diperbarui pada 12 Juli 2019 17:33


Jurnal ANRI Studi Banding Ke Pengelola Jurnal Fakultas Dakwah dan Komunikasi

[fdk.uinsgd.ac.id] - Pengelola Jurnal Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan studi banding ke Pengelola Jurnal Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung. Sejumlah 4 orang melakukan studi terkait pengelolaan jurnal ANRI dengan Jurnal Ilmu Dakwah yang telah diakreditasi Sinta 2 bertempat di Ruang Unit Pengelolaan dan Penerbitan Jurnal, Gedung Fakultas Dakwah lantai 4, pada Rabu (03/07).

Uwes Fatoni, Ketua Unit Pengelolaan dan Penerbitan Jurnal memaparkan bahwa pemeringkatan akreditasi nasional tidak lagi menggunakan huruf A atau B, tapi pemeringkatan dengan angka 1,2, sampai dengan 6.

Uwes juga mengungkapkan bahwa untuk jurnal tidak ada anggarannya, oleh karena itu, segala upaya dilakukan agar cepat terakreditasi.

“Rabu, Kamis, Jum’at, mengadakan percepatan akreditasi jurnal. Diberi waktu satu minggu, dan Jum’at sudah harus submit. Terkait dengan penilaian tergantung kualitas. Untuk Dakwah sendiri ada 3 jurnal yang diajukan untuk akreditasi,” Papar Uwes.

“Walaupun pengelolaan jurnal tidak ada anggarannya, Pengelola jurnal ada kelebihannya, di kampus sudah ada pengalaman karena mengurus jurnal, maka cepat menjadi guru besar. Misalnya di Surabaya pengelolanya sudah jadi professor, di Jakarta justeru concern makanya cepat jadi guru besar, di semarang dalam lima tahun sudah masuk scopus. Bahkan pengelolanya jadi rektor,”Jelas Uwes.

Sementara itu, pihak jurnal ANRI mengungkapkan bahwa pada pengelolaan jurnal tidak diberikan akses bebas, sehingga harus selalu kordinasi dengan pihak super admin. Pada sisi lain, pekerjaan pengelola jurnal harus multitasking.”Ya jadi editor, jadi reviewer, ya ngurusin administrasi,”ujarnya.

Menjawab pertanyaan dari pengelola jurnal ANRI tentang manfaat Scopus, Uwes menjawab bahwa dalam jurnal ada hilirisasi, “Kalau sosial dan agama mulai ditempel dengan sains, misalnya penyebaran hadits melalui aplikasi. Kemudian dikembangkan juga arsiran agama dengan teknologi,”jelasnya.

Uwes berharap, Pengelola Jurnal ANRI dapat cepat naik pangkat karena mengetahui proses pengelolaan jurnal.***[]


Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru



11 November 2019 14:08

KPMJ Siap Sukseskan Event FDK




Tautan Terkait