Diperbarui pada 29 Juli 2019 08:24


Fakultas Dakwah Terakreditasi A

[www.fdk.uinsgd.ac.id] - Semua jurusan pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi terakreditasi A. Terakreditasinya semua jurusan, setelah keluar keputusan BAN PT terhadap akreditasi Jurusan Ilmu Komunikasi pada tanggal 23 Juli 2019 dengan nilai 361.

"ya sudah keluar nilainya,"ujar Ketua Prodi Jurnalistik, Encep Dul Wahab, lalu mengirimkan skrinsut nilai dari laman Sapto BAN PT.

Menurut Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Darajat Wibawa perolehan peringkat akreditasi tersebut tidaklah mudah karena diperlukan persiapan yang sangat matang dan paripurna dalam memaknai, mendefinisikan, menganalisis dan mengisi setiap standar yang tertera dalam borang. Aktivitas persiapan akreditas PS Ilmu Komunikasi sudah dilakukan sejak satu tahun lebih sebab pengerjaan setiap standar dalam borang yang sudah ditentukan oleh BAN-PT itu tidak, bisa dilakukan secara instan melainkan perlu keseriuasan dan keterlibatan semua pihak. 

“Pengerjaan borang tidak bisa dilakukan secara singkat, karena memerlukan keterlibatan program studi, fakultas dan universitas, sebab ketiganya memiliki keterkaitan secara khuusus, terutama dalam masalah data, aturan dan ketentuan yang saling berkiat," ujar Darajat. 

Darajat menjelaskan, bahwa informasi mengenai akreditasi dapat diakses di Sapto, sistem yang diselenggrakan BAN-PT untuk proses akreditasi perguruan tinggi secara online. Ia melanjutkan bahwa setiap universitas memiliki satu akun (Sapto) dibawah Dikti. Di UIN Bandung sendiri yang dapat mengakses hanya Lembaga Penjaminan Mutu (LPM).

Sementara itu,  Ketua Program Studi (Prodi)  Jurnalistik, Encep Dul Wahab berpesan khususnya kepada seluruh mahasiswa Jurnalistik agar semakin kreatif dan inovatif.

“Lebih kreatif, lebih inovatif, lebih berani untuk mengambil keputusan dengan dilihat dari prestasi seperti dari karya dan prestasi yang dihasilkan oleh para mahasiswa,” pungkasnya. 

Sementara itu, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. Ahmad Sarbini, M.Ag mengatakan bahwa akreditas yang diperoleh merupakan bukti pengelolaan yang berbasis pada mutu. 

Fakultas Dakwah dan Komunikasi sendiri bukan satu-satunya fakultas yang jurusannya telah terakreditasi A, sebelumnya Fakultas Adab dan Humaniora dan Fakultas Syariah dan Hukum telah terakreditasi A semua jurusannya. ***[]



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru

15 Oktober 2019 08:01

3 Jurnal FDK Terakreditasi Sinta


09 Oktober 2019 14:38

Rektor Lantik 3 Pejabat FDK




Tautan Terkait