Diperbarui pada 01 Agustus 2019 17:02


Dekan FDK, ''Terakreditasi A, Bukti Tata Kelola FDK Sudah Baik''

[fdk.uinsgd.ac.id] - Tanggal 23 Juli 2019, Jurusan Ilmu Komunikasi menggenapi semua jurusan pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) mendapatkan akreditasi A. Hal ini menjadi kebanggaan bagi sivitas akademika FDK tak terkecuali bagi pegelola khususnya pimpinan fakultas Dakwah.

Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag. selaku Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi berseloroh bahwa terakreditasinya semua jurusan dengan mutu unggul atau nilai A sebagai bukti bahwa tata kelola pada fakultas Dakwah dan Komunikasi sudah baik. Namun demikian, civitas akademika, baik dosen, mahasiswa, atau pihak jurusan jangan berpuas diri, karena imbas dari akreditasi ini harus terjadi peningkatan mutu. Ditemui di ruang kerjanya, pada Selasa (30/07/2019) Gedung FDK lantai 2, Sarbini bersyukur atas pencapaian tersebut.

"Pertama kita patut mengucapkan syukur Alhamdulillah ke hadirat Allah SWT atas anugerah yang luar biasa kepada fakultas Dakwah dan komunikasi bahwa baru baru ini lengkaplah sudah prodi-prodi atau jurusan pada FDK dapat meraih nilai maksimal yaitu A. jadi Skr semua prodi yang jumlahnya 5 itu sudah terakreditasi dengan nilai A," ujarnya.

Bagi pria asal Banten tersebut, pencapaian ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi semua. Karena, Pertama, ini menjadi bukti bahwa tatakelola prodi-prodi atau jurusan pada FDK sangat sehat karena memang terbukti oleh penilai eksternal yaitu BAN-PT, dengan predikat tertinggi yaitu nilai A. Kedua, bagi Dekan, hal ini juga menunjukkan betapa jerih payah, upaya, keseriusan, dedikasi yang dilakukan oleh personil-personil jurusan sangat luar biasa sehingga dalam 4 tahun terakhir ini semua prodi bisa mencapai akreditasi A. Dan ketiga, yang tidak boleh dilupakan, dengan akreditasi A ini, bukan hanya meningkatkan daya saing dan juga kesejajaran prodi dan fakultas kita  di UIN dan PTKIN di Indonesia tapi juga ini akan mampu mendongkrak kepercayaan masyarakat kepada prodi yang ada di kita khususnya kepada FDK.

Ia memberikan catatan bahwa, inti dari prodi yang terakreditasi A ini, yang  wajib dinampakkan bukan hanya tata kelolanya yang baik, tapi juga harus muncul di kalangan prodi-prodi khususnya di kalangan civitas akademika, dosen dan mahasiswa apa yang disebut budaya mutu itu sesuai dengan harapan BAN PT. 

"Bahwa tujuan diakreditasinya oleh BAN PT salah satu tujuan utamanya bukan hanya untuk menstandarisasi tata kelola prodi tapi yang penting adalah untuk mendorong dan menciptakan terwujudnya budaya mutu. Sudah terbiasa Di kalanga dosen budaya mutu, di kalangn mahasiswa budaya mutu, di tendik budaya mutu. Sehingga seluruh aspek kegiatan dan elemn kita, baik di prodi, di fakultas, atau di laboratorium berbasis budaya mutu. Nah itu yang diharapkan,"harapnya

"Oleh karena itu terakreditasi A ini harus sebanding dengna tumbuhnya budaya mutu di fakultas kita. Ini kalo budaya mutu sudah terwujud, di fakultas di prodi-prodi kita di sleurh elemennya baik dosen atau mahasiswa makan otomatis kita akan melahirkan lulusan-lulusan yang bermutu, lulusan yang sesuai dengan kebutuhan massyarakat dimana ketika merka kembali e masyarakat mereka betul-betul mampu membuktikan keahlian dan kemampuannya yang relevan dan linier dengan kebutuhan masyarakat,"tegasnya.

"Jadi lulusan bermutu itu berhubungan erat budaya mutu, budaya mutu berhubungan erat dengan nilai Akreditasi  yang diperoleh oleh prodi, dan berhubungan erat dengan tata kelola prodi yang baik itu,"tegasnya lagi.

Terkait dengan keberhasilannya dalam memimpin Fakultas Dakwah dan Komunikasi dalam mendapatkan akreditasi A untuk semua jurusannya, Dekan berseloroh bahwa hal ini bukan karena keberhasilannya sebagai dekan, tapi hasil usaha yang berkesinambungan dari kepemimpinan sebelumnya.

"Kalo dihubungkan dengan periode ini merupakan kesinambungan yang sangat erat dengan kepemimpinan sebelumnya. Ini merupakan semua karya dan kerja pada kepemimpinan yang ada. Saya hanya kebetulan berada di puncaknya. Ini merupakan hasil karya bersama pada beberapa periode kepemimpinan sebelumnya,"pungkasnya.***[]


Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru

13 Agustus 2019 16:25

Cados FDK Ikuti Short Course WMI






Tautan Terkait