Diperbarui pada 09 Agustus 2019 11:48


Dekan Lepas Mahasiswa KKN Sisdamas di Sumedang

[www.fdk.uinsgd.ac.id] - Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag melepas mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sisdamas di berbagai daerah Kota/ Kabupaten di Jawa Barat; Sumedang, Bandung, Cianjur, Bekasi, Banjar, dan Pangandaran.

Kamis (01/08/2019) Dekan Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag. didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. H. Enjang AS., M.Ag., M.Si melepas sejumlah 3423 mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi bersama-sama mahasiswa dari fakultas lain.

Sebelumnya, Sarbini menyampaikan kepada pimpinan kelompok KKN Sisdamas Fakultas Dakwah dan Komunikasi bahwa terkait dengan teman pemberdayaan itu koornya ada dua, yaitu motivasi dan partisipasi. Tidak mungkin ada pemberdayaan jika tidak ada partisipasi. Oleh karena itu anda harus menjadi motivator dan inisiator di masyarakat. Tentunya sesuai dengan keahlian yang saudara punya.

Terkait dengan keahlian yang harus dimiliki, Dekan yang berhasil membawa institusi terakreditasi A tersebut, peupeujeuh agar mahasiswa tidak bingung. Hal ini karena anggota kelompok KKN berasal dari berbagai jurusan. Tugas ketua kelompoklah yang harus jeli melihat potensi dari anggota kelompoknya masing-masing, sehingga dapat diberdayakan dengan maksimal.

“KKN harus benar-benar berarti dan bermakna. Dan diusahakan tidak ada ekses dari KKN kita, khususnya yang negatif,”pintanya.

KKN Sisdamas UIN SGD Bandung merupakan proses pembelajaran yang memadukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di suatu daerah tertentu yang dilakukan oleh mahasiswa untuk ikut serta melakukan pemberdayaan masyarakat.

Sebanyak 5.203 mahasiswa mengikuti KKN Sisdamas tahun 2019, yang berasal dari 48 Program Studi (Prodi S1), bertempat di 127 Desa, dan 25 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, Kabupaten Tasik, Kabupaten CIanjur, Kabupaten Bekasi, Negara Malaysia dan Thailand dari tanggal 29 Juli-31 Agustus 2019.

Sedangkan Rektor UIN Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa UIN SGD Bandung yang sedang melaksanakan KKN Sisdamas ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung dan mensukseskan salah satu program unggulan Kabupaten Sumedang dalam bidang pemberdayaan kepada masyarakat melalui program Digitalisasi Desa.

“Sekarang ini, banyak generasi muda yang terdampar pemahaman Islamnya karena medsos. Sedangkan para tokoh agama masih mengajarkan Islam secara manual, lama dan tidak menggunakan medsos. Oleh karena, kehadiran mahasiswa diharapkan dapat menyebarluaskan pemahaman Islam moderat,” tegasnya.

Keberadaan rumah moderasi di kampus 3 sebagai upaya mewujudkan moderasi berislam di lingkungan UIN SGD, “Dengan adanya rumah moderasi Islam itu, keberadaan UIN SGD semakin menegaskan sarjana ulama zaman now, sehingga lulusannya dapat menyebarkan pemahaman Islam moderat, rahmatan lil alamin,” paparnya.

Untuk wilayah di Sumedang, wujud moderasi Islam akan dilakukannya melalui pembinaan guru agama zaman now. “Dalam pelatihannya, nanti para guru agama dibekali pemaham Islam moderat yang menggunakan teknologi informasi, medsos, sehingga pada saat menyampaikan materi sesuai dengan kebutuhan generasi muda,” terangnya.

Pihak pemerintah Kabupaten Sumedang sangat mengapresiasi atas kehadiran mahasiswa UIN SGD Bandung yang melaksanakan KKN Sisdamas dalam mendukung program digitalisasi desa.

Bupati Dony yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman menuturkan “Saya mendukung penuh terhadap pelaksanaan program KKN mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Kabupaten Sumedang,” katanya.

Baginya, keberadaan mahasiswa yang menjadi peserta KKN dapat membawa pengaruh positif bagi daerah. “Kehadiran mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati di Kabupaten Sumedang akan dimanfaatkan di dalam rangka mensukseskan program digitalisasi desa-desa,” tegasnya.

Kepada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, sebelumnya Dekan FDK Dr. Ahmad Sarbini, M.Ag. mengucapkan selamat berKKN Sisdamas.

 “Selamat mengikuti pembekalan. Ingat kor ada 3; pembelajaran, penelitian, dan pengabdian,” pungkasnya.***[]

Dari berbagai sumber, foto: Humas Aljamiah.



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru

13 Agustus 2019 16:25

Cados FDK Ikuti Short Course WMI






Tautan Terkait