Diperbarui pada 25 September 2019 11:57


FDK Wisuda 195 Lulusan

[www.fdk.uinsgd.ac.id] - Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati mewisuda sejumlah 195 lulusan pada wisudake-75. Pelaksanaan wisuda dilaksanakan di Aula Anwa Musyaddad UIN Sunan Gunung DJati Bandung, pada Minggu (22/09/2019).

Melalui sambutannya Rektor menceritakan, suatu ketika, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw, “Wahai Rasulallah, tunjukkan kepadaku bagaimana caranya saya menambah dan meningkatkan kualitas ilmu saya?” Lalu Rasulullah saw. menjawab, jika kamu ingin menambah dan meningkatkan ilmu, maka tingkatkan ketakwaanmu kepada Allah SAW.

“Jika saya yang ditanya oleh mahasiswa tentang apa saja yang bisa meningkatkan kualitas ilmu, maka akan saya jawab teruslah kuliah, selesaikan S1, S2, dan S3. Tetapi Rasulullah menjawabnya dengan sangat tegas, jika kita ingin menambah ilmu pengetahuan, maka semakin bertakwalah kepada Allah. Ini sesuatu yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Rektor menuturkan, ketakwaan seseorang, selain menambah kualitas dirinya di hadapan Allah SWT, juga menjadi pemicu utma meningkatnya ilmu pengetahuan. Semakin seseorang bertakwa kepada Allah, akan semakin meningkat semangatnya untuk mencari ilmu, karena semakin takwa akan merasa semakin rendah di hadapan Allah.

“Oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh wisudawan hari ini, baik S1, S2, maupun S3, bertakwalah kepada Allah SWT di mana pun dan kapan pun. Idealnya, semakin bertambah ilmu pengetahuan seseorang, harus semakin tinggi ketakwaannya kepada Allah SWT, buikan sebaliknya,” katanya.***[sumber uinsgd.ac.id dengan diedit seperlunya]

Rektor menegaskan, ilmu pengetahuan akan berkorelasi dengan amal. Sedangkan amal merupakan indikator dari meningkatnya keimanan. Sementara orang yang imannya meningkat, akan berbanding lurus dengan meingkatnya akhlak. Itulah sebabnya, wisudawan UIN SGD Bandung yang notabene merupakan lulusan perguruan tinggi keagaam Islam harus mampu menunjukkan kearifan dan akhlak yang baik di hadapan masyalat.

“Ilmu yang didapatkan oleh lulusan UIN SGD Bandung, bukan hanya harus bermanfaat bagi diri dan keluarnya, melainkan harus semakin bermanfaat bagi orang lain, sebagaimana yang ditunjukkan Rasulullah saw bahwa manusia terbaik yakni manusia yang bermanmfaat bagi orang lain. Inilah bagian terpenting dari Tridarma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat,” tegasnya.

Rektor menetapkan wisudawan peraih pujian kelulusan dengan IPK tertinggi sebanyak 53 lulusan dan 4 wisudawan yang hafal 30 juz Al-Quran. Dua di antara lulusan terbaik dengan tahfidz 30 juzz merupakan wisudawan Fakultas Dakwah dan Komunikasi yaitu Lia Nursaadah, S.Sos. dan Asep Kurniawan, S.Sos.



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru

15 Oktober 2019 08:01

3 Jurnal FDK Terakreditasi Sinta


09 Oktober 2019 14:38

Rektor Lantik 3 Pejabat FDK




Tautan Terkait