Diperbarui pada 05 Desember 2019 11:11


Wakili FDK, Fathiya dan Lutfiah Berangkat ke Malaysia

[www.fdk.uinsgd.ac.id] - Fathiyatulhaq Shafina Salsabilla dan Lutfiah Amini, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung mewakili Fakultas Dakwah dan Komunikasi untuk melakukan pertukaran mahasiswa dengan University Putra Malaysia.

Fathiya dan Lutfiah merupakan 2 dari 25 mahasiswa yang beruntung mendapatkan kesempatan untuk melakukan pertukaran tersebut. Setelah masa 3 bulan menjalani seleksi secara ketat yang dilakukan oleh Global Partnership Association (GPA) sejak September s.d. November 2019.

Selain seleksi yang bersifat administrative, kecakapan bahasa Inggris juga menjadi salah satu point dalam seleksi. Kecakapan bahasa Inggris diseleksi melalui penulisan essay on the spot dan wawancara. Selain kecakapan bahasa Inggris, kecakapan membaca Kitab Suci Al-Qur’an juga menjadi salah satu tahapan seleksi. 

Mahasiswi jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam tersebut berhasil menyisihkan 150 mahasiswa lainnya yang mengikuti seleksi.

“Seleksi administrasi, seleksi essay bahasa Inggris dengan tema on the spot, wawacara menggunakan bahasa Inggri dengan dosen, test mengaji Al-Qur’an. dari 171 orang yang ikut seleksi, diambil 25 orang," ujar Fathiya saat dihubungi melalui nomor WhatsApp.

Secara keseluruhan terdapat 30 tahap dari seleksi administrative hingga keberangkatan yang dilakukan selama 3 bulan tersebut.

Pertukaran mahasiswa ini awalnya hanya diperuntukkan mahasiswa FISIP saja, namun karena kerjasama dengan GPA sekarang berada di bawah naungan universitas, maka pertukaran mahasiswa tahun ini melibatkan seluruh mahasiswa UIN.

Terkait denga biaya, awalnya saat mengikuti test, pembiayaan diserahkan kepada masing-masing peserta, namun pada akhir bulan Oktober ada pengumuman bahwa program pertukaran mahasiswa ini seluruhnya dibiayai oleh institusi, karena telah menjadi bagian dari program universitas.

Saat pelepasan, Senin 25 November 2019, Fathiya dan Lutfiah didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. Dadan Suherdiana, M.Ag. Ia berharap bahwa Fathiya dan Lutfiah dapat mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya pengalaman dari student exchange tersebut.

"Semoga Fathiya dan Lutfiah bisa mengambil sebanyak-banyaknya pengalaman berharga dari student exchange ini, menimba ilmu dan perluas wawasan. Terlebih keberangkatan Fathiya dan Lutfiah ini bisa menjadi contoh dan menyemangati mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang lainnya,"ujar Wadek I.

Ia juga berharap, ke depannya akan selalu ada perwakilan dari FDK agar mahasiswa lain termotivasi untuk terus berprestasi, baik di kampus sendiri, ataupun di luar seperti yang dilakukan oleh Fathiya dan Lutfiah.

Seluruh peserta dilepas oleh oleh perwakilan universias Dr. H. Moh. Dulkiah, M.Si. yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung.


Fathiya dan Lutfiah kini sedang menjalani program sejak 27 September hingga dua minggu ke depan.***[]


Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru

23 Februari 2020 07:01

FDK Sasar Dakwah Kawasan Pesisir






Tautan Terkait