Diperbarui pada 18 Desember 2019 17:11


Dosen Wajib Laporkan Administrasi Perkuliahan

[fdk.uinsgd.ac.id] - Berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Nomor : B-149/Un.I.1/PP.00. 9/ 04/2019 Tentang Kalender Akademik 2019/2020, Ujian Akhir Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020 dilaksanakan pada tanggal 23 s.d. 30 Agustus 2019.

Menurut Wakil Dekan Bidang I Dr. H. Enjang AS, M.Ag., M.Si. untuk UAS sekarang semua dosen diwajibkan mengumpulkan administrasi akademik, karena dokumennya akan digunakan oleh jurusan untuk akreditasi.

Hal tersebut disampaikan pada kegiatan rapat dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada Senin, (16/8/2019) di Aula FDK Lantai 4 Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Rapat dihadiri oleh semua pimpinan fakultas Dakwah; Dekan, Dr. H. Ahmad Sarbini M.Ag., Wakil Dekan I Dr. H. Enjang AS., M.Ag., M.Si., Wadek II Dr. H. Dindin Salahudin, M.A., Wadek III Dr. H. Dadan Suherdiana, M.Ag. beserta Wadek II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Abdullah Safei.

“Salah satu cara penilaian akhir dalam administrasi adalah dokumen UAS. Oleh karena itu jangan kaget jika nanti dari pihak jurusan ada yang nagih tiap hari ke bapak dan ibu, karena pada dasarnya itu instruksi dari Wadek I”, ujar Dr. Enjang.

Adapun dokumen akademik yang harus dikumpulkan dosen bersamaan dengan nilai UAS, yaitu: (1) Berita acara UAS, (2) Soal ujian akhir semester, (3) nilai hasil UAS, (4) foto kopi daftar hadir.

“Untuk nilai, Bapak/ Ibu tidak hanya diisi form terakhir saja, tapi harus lengkap. Ada nilai UTS, nilai tugas manidir, nilai tugas terstruktur, nilai UAS, dan akumulasi. Jadi tidak ujug-ujug nilai akhir,”tegas Dr. Enjan kepada dosen yang hadir.

Terkait dengan kedisiplinan dosen dalam memenuhi kewajibannya masuk kelas, pada semester ini 92 persen. Artinya hanya 8 persen yang kewajibannya kurang.

“Alhamdulillah ada perbaikan disbanding semester sebelumnya, kehadiran dosen masuk kelas sekarang mencapai 92 %. Masih ada dosen yang kehadirannya kurang, bahkan ada juga dari dosen LB,” tukasnya.

Secara lengkap berikut kewajiban dosen sebelum dan setelah melaksanakan UAS pada tanggal 23 Desember 2019: (1) Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020 mulai 02 September – 21 Desember  2019; (2) Ujian Akhir Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020 berlangsung mulai tanggal 23 s.d. 30 Desember 2019; (3) Jumlah perkuliahan yang dilaksanakan dosen/asisten dosen minimal 14 kali pertemuan (tatap muka); (4) Bagi dosen/asisten  dosen yang belum memenuhi target silabus dan jumlah pertemuan, dimohon agar dapat menyelesaikan sesuai dengan ketentuan; (5) Mata kuliah yang diampu oleh beberapa dosen/asisten dosen, pembuatan soalnya agar dikoordinasikan terlebih dahulu dengan koordinator mata kuliah yang bersangkutan; (6) Soal-soal ujian diketik rapih dan dikirimkan Langsung atauvia e-mail : akademikfidkom@gmail.com (7) Penyerahan Soal UAS paling lambat tanggal  20 Desember  2019  kepada Jurusan Masing-masing;(8) Dosen/asisten dosen yang Ujian Akhir Semester (UAS) secara tertulis, supaya melaporkan kepada Panitia Ujian Fakultas Dakwah dan Komunikasi paling lambat tanggal 20 Desember 2019; (9) Dosen yang melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk Ujian lisan atau take home agar menginformasikan kepada jurusan atau ke SMS Centre Fak. Dakwah dan Komunikasi di 088218364106paling lambat tanggal 20 Desember 2019;(10) Dosen/asisten dosen harus hadir pada waktu mata kuliah yang bersangkutan diujikan dan mengambil lembar jawaban untuk dikoreksi; (11) Hasil ujian (nilai ujian) paling lambat diserahkan ke bagian nilai (jurusan) masing-masing satu pekan setelah UAS dilaksanakan.***[]



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru

23 Februari 2020 07:01

FDK Sasar Dakwah Kawasan Pesisir






Tautan Terkait