Diperbarui pada 06 Januari 2020 13:42


Dua Mahasiswa FDK Ikuti KKN Nusantara

[www.fdk.uinsgd.ac.id] - Dua mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi lolos menjadi peserta KKN Nusantara yang digagas oleh Kementerian Agama RI bekerjasama dengan Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertingal dan Transmigrasi.

Mahasiswa FDK tersebut merupakan bagian dari 4 mahasiswa yang lolos setelah melalui seleksi yang diselenggarakan oleh LPPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kedua mahasiswa tersebut Yusril Ferdiansyah (Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam) dan Muhamad Ahyani (jurusan Bimbingan dan Konseling Islam).

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, MSi melepas empat peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara tahun 2020 ke Ambon dan NTT yang berlangsung di gedung O. Djauharuddin AR, Kampus I, Jl. A.H. Nasution No 105 Cipadung, Cibiru Bandung, Jumat (3/1).

Pelepasan didampingi Wakil Rektor I bidang Akademik, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Dr. Husnul Qodim, S.Ag., M.A, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Dr. H. Aep Kusnawan, M.Ag.

Rektor menjelaskan KKN Nusantara 2020 di Ambon dan Nusa Tenggara ini diinisiasi oleh Kementerian Agama RI bekerja sama dengan Dirjen Pembangunan Daerah Tertinggal Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

KKN Nusantara Daerah 3 T merupakan impelementasi MoU Kemenag dengan Kementerian Desa.

“Hal ini dilaksanakan dalam upaya kolaborasi pengembangan model Perguruan Tinggi membangun desa melalui program pengabdian maayarakat,” tegasnya.

Menurutnya KKN Nusantara di NTT, dikelola oleh UIN Sunan Ampel Surabaya dengan tema utama peace building ini diikuti 28 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia, terdiri dari 53 peserta yang dilaksanakan dari tanggal 7 Januari-12 Februari 2020.

Untuk KKN Nusantara di Ambon, dikelola oleh IAIN Ambon dengan tema utama trauma healing ini diikuti 13 PTKI se-Indonesia, terdiri dari 70 peserta (22+48 IAIN Ambon) yang dilaksanakan dari tanggal 5 Januari-13 Februari 2020.

“Untuk peserta dari UIN SGD Bandung, terseleksi empat mahasiswa dari 27 pendaftar utusan dari tiap Program Studi, tiap Fakultas se-UIN SGD Bandung. Empat peserta lolos seleksi yang jadi duta UIN SGD Bandung ini, Multi Sari Dewi, mahasiswi Jurusan Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin (FU) Muhamad Ahyani, mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) di Ambon. Nisa Afifah, mahasiswi jurusan Hukum Pidana Islam (HPI) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Yusril Ferdiansyah, mahasiswa jurusan Pemberdayaan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) di NTT,” paparnya.

Rektor berpesan kepada empat mahasiswa KKN Nusantara yang melaksanakan pengabdian masyarakat di Ambin dan NTT untuk selalu menjaga akhlak karimah, perilaku terpuji, nama baik almamater.

Ikut serta dalam menyebarluaskan Islam rahmatan lil ‘alamin dan berperan aktif dalam menjaga keutuhan NKRI.

Kepala PKM, yang juga Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. H. Aep Kusnawan, M.Ag. menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Agama yang telah menginisiasi adanya KKN Nusantara, serta kepada Rektor dan jajarannya, Senat Universitas dan Para Dekan serta para pihak lainnya, yang telah memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa yang terseleksi mewakili UIN SGD Bandung untuk mengikuti KKN Nusantara di Ambon dan NTT.

Tentunya, ini merupakan kesempatan bagi UIN SGD Bandung untuk mengembangkan model pengabdian kepada masyarakat melaui KKN, berkolaborasi secara Nasional dengan PTKI yang lain. Juga lokasi yang tidak hanya di sekitar Jawa Barat, melainkan di luar Pulau Jawa, yaitu di Daerah 3 T, yang tahun 2020 ini bertempat di Ambon dan Kupang.

“Mahasiswa peserta KKN Nusantara dari UIN SGD Bandung, disamping bisa menjadi duta yang membanggakan, juga kelak mereka diharapkan dapat menghasilkan karya, serta dapat berbagi pengalamannya kepada yang lain,” ucapnya.***[sumber: uinsgd.ac.id]



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru

23 Februari 2020 07:01

FDK Sasar Dakwah Kawasan Pesisir






Tautan Terkait