Diperbarui pada 17 Januari 2020 11:14


Pasca UAS, Mahasiswa FDK Lanjutkan Praktik Ibadah & Tilawah

[fdk.uinsgd.ac.id] - Pasca selesainya Ujian Akhir Semester, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi dijadwalkan melakukan praktik ibadah dan tilawah yang menjadi bagian dari kewajiban akademik. Untuk mahasiswa semester 1 melakukan pembimbingan dan praktik ibadah dan semester 3 melakukan pembimbingan dan praktk tilawah sesuai dengan dosen yang telah ditetapkan oleh fakultas. 

Praktik ibadah dan tilawah dilaksanakan selama 12 kali dan pertemuan ke-12 dilakukan pengecekan atau evaluasi. Tanggal 16 Januari 2020 bertepatan dengan hari Kamis, beberapa kelompok pembimbingan baru menyelesaikan evaluasi. Adapun tempatnya diserahkan kepada dosen pembimbing masing-masing, ada yang di kelas atau di ruangan yang memungkinkan untuk melakukan praktik.

Dekan FDK, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag. pada sosialisasi sebelumnya memberikan rasionalisasi bahwa dilaksanakannya praktik ibadah maupun tilawah adalah untuk meningatkan kembali bobot praktikum di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, bahwa ada mata kuliah juga yang berbobot praktikum.

“Saya berharap bahwa mahasiswa harus mampu menghapal doa-doa, dari mulai sholat sampai dengan praktik ibadah haji,”tutur Dekan.

Pada acara orientasi untuk dosen, Dekan juga menekankan, “Praktik ibadah  harus dilaksanakan tuntas oleh mahasiswa agar bisa ikut praktik lanjutan,”tegas Dadan kepada mahasiswa semester satu pada berbagai jurusan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Dekan, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag memberikan rasionalisasi bahwa dilaksanakannya praktik ibadah maupun tilawah adalah untuk mengingatkan kembali bobot praktikum di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, bahwa ada mata kuliah juga yang berbobot praktikum.

Sedangkan bagi mahasiswa sendiri, dengan diadakannya praktik ibada tersebut menjadi kegiatan yang sangat positif. Karena dengan dilaksanakannya praktik ibadah dan tilawah, mahasiswa harus memperbaiki kembali aktivitasnya sehari-harinya untuk beribadah.

Beberapa dosen juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menghapal dan mengingat-ingat lagi bacaan-bacaannya dan doa yang lupa jika ada beberapa kegiatan ibadah yang jarang dilakukan.

Suryadi, mahasiswa jurusan Jurnalistik semester satu memiki kesan mendalam tentang kegiatan akademik ini. Karena dirinya mendapatkan tantangan dari dosen pembimbing untuk mempraktikkan puasa sunnah secara rutin. Begitu juga bagi mahasiswa lain yang tidak memiliki latar belakang pesantren, kesannya sangat positif.

“Alhamdulillah sangat bermanfaat, karena bisa bisa saling berbagi ilmu meskipun kita da dari NU, Muhamadiyyah, tapi tidak dipermasalahkan perbedaan yang ada,”ujar Suryadi melalui pesan singkat.

Suryadi juga pernah mendapatkan curhatan teman-temannya karena dengan praktik ibadah menjadi momen me-recharge kembali apa yang pernah dipelajari waktu kecil, mengingatkan kita pada masa-masa dulu mengaji waktu kecil.***[]



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru

23 Februari 2020 07:01

FDK Sasar Dakwah Kawasan Pesisir






Tautan Terkait