Diperbarui pada 23 Januari 2020 16:37


Dekan Dorong Peningkatan Kinerja pada Tahun 2020

[fdk.uinsgd.ac.id] - Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Sarbini, M.Ag. mendorong timnya yang berada di Jurusan, Lembaga, dan Unit di bawah fakultas untuk meningkatkan kinerjanya pada tahun 2020 dan 2021 mendatang. Hal tersebut disampaikan pada rapat persiapan raker yang diselenggarakan di Aula FDK lantai 4, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Kamis (23/01/2020).

Selain dihadiri oleh unsur pimpinan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, rapat persiapan juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. Fauzan Ali Rasyid, M.Si.

Peningkatan kinerja dibahas Dekan dengan mengutip salah satu hadist Rasulullah Solallahu Alaihi Wasallam.

“Ada tiga faktor yang menghambat kinerja perseorangan atau kelompok, pertama faktor kemalasan. Jika faktor malas telah menghingapi seseorang, kita hanya bisa menyajikan setengah-setengah. Kalau penyakit kemasan menjangkiti kelompok dan parah maka kemalasan menyebabkan kinerja hanya sampai 20% saja,”ujar Dekan.

Faktor kemalasan memang menjadi penyakit semua orang, namun Dekan tetap mengingatkan agar bisa menekan sifat malas untuk meningkatkan kinerja fakultas ke depan.

Faktor kedua, menurut Dekan, yaitu menduahat. Faktor menduahati merupakan ketidaksiapan seseorag fokus pada tugas dan fungsi utamanya. Dekan menekankan jangan sampai tusi terabaikan. Faktor ketiga, penyebab tidak maksimalnya kinerja adalah menganggap kematian masih lama. Jika ada orang lain yang meninggal, seringkali kita menganggapnya bahwa kematian itu menimpa orang lain, padahal kematian bisa saja menimpa kita dalam waktu dekat.

Terkait dengan agenda rapat kerja yang akan dilaksanakan di Garut, Dekan memberikan himbauan bahwa laporan kinerja tiap bagian dan unit tidak usah melaporkan yang rutin. “Laporan kinerja untuk jurusan bisa langsung ke pokok persoalan yang disampaikan oleh Pak Wadek, yaitu 9 isu akademik,”papar Dekan.

Terkait dengan kinerja salah satu program, yaitu praktik ibadah dan tilawah, Dekan mengapresiasi tim monitoring yang terdiri dari tim jurusan. “Praktik ibadah dan tilawah sudah 100 persen terlaksana. Ini sangat jauh kinerjanya dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu bisa hanya 20 persen saat data praktik ibadah dan tilawah dibutuhkan,”jelasnya.

Sebelumnya Wakil Dekan 1, Dr. H. Enjang AS., M.Ag., M.Si. menyampaikan tentang 9 isu akademik yang sering dibahas Rektor dan Dekan, yaitu: pertama menyiapkan kampus menuju world class, kedua evaluasi kurikulum KKNI setelah 4 tahun berjalan, ketiga sistem informasi dan layanan akademik, keempat penelitian, kelima percepatan 5 orang guru besar pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi, keenam penjaminan mutu yang harus mengikuti 9 standar dari BAN PT, ketujuh akreditasi program studi, kedelapan Pengabdian kepada masyrakta, dan kesembilan tentang perpustakaan.***[]



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru



27 Februari 2020 07:44

Dosen Harus Dorong Kinerja Mahasiswa

23 Februari 2020 07:01

FDK Sasar Dakwah Kawasan Pesisir



Tautan Terkait