Diperbarui pada 27 Februari 2020 07:44


Dosen Harus Dorong Kinerja Mahasiswa

[fdk.uinsgd.ac.id] - Setelah akreditasi semua jurusan dengan kategori ‘A’, Fakultas Dakwah dan Komunikasi bertekad untuk meningkatkan mutu layanan dan kinerja. Salah satu mutu yang harus ditingkatkan mutu layanan terhadap mahasiswa dan dosen, juga kinerja mahasiswa dan dosen. Hal ini selalu ditekankan oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada setiap kesempatan.

Hal serupa disampaikan oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi melalui Wakil Dekan II Dr. H. Dindin Solahudin, M.A. saat memberikan sambutan pada Rapat Dosen untuk persiapan pengampuhan mata kuliah semester genap tahun ajaran 2019/2020, Rabu (26/02/2020).

Bertempat di Aula FDK Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Pemimpin Ponpes Al Ihsan ini menyampaikan 4 catatan penting untuk dosen. Pertama, penyampaian permohonan maaf dari dekan karena tidak bisa langsung menghadiri rapat dosen yang strategis dan penting. Kedua, Wadek II menyampaikan amanat Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi , Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag.

“Pertama beliau berharap untuk kuliah semester ini ada niat baik dari dosen untuk meningkatkan kinerjanya. Salah satunya adalah melalui update materi kuliah. Walaupun kurikulumnya sama tapi materinya diharapkan diperbaharui dengan hasil riset-riset terbaru,”ujar Dindin.

“Kedua beliau amanat bahwa dosen harus fokus dan disiplin dalam mengampu mata kuliah yang menjadi pegangannya masing-masing khususnya mata kuliah yang beririsan misalnya dasar ilmu Dakwah, metodologi Dakwah, psikologi Dakwah. Ini irisannya pasti ada, tapi tidak boleh lebih dari 10 %, sehingga nanti tidak terkesan materinya itu-itu saja, dan satu dosen dengan dosen lain jadi overlapping mata kuliahnya”jelas Wadek II.

Poin penting ketiga yang dititipkan dekan kepada Wadek II, Dindin menyampaikan bahwa mata kuliah praktikum harus jelas dan tegas. “Aspek Praktis dari mata kuliah praktikum harus tegas dan kuat sehingga mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa, jangan terlalu mengada-ada untuk praktik, terus misalnya sampai memungut biaya praktik.”

Point terahir yang disampaikan Dekan melalui Wadek II terkait relevansi anggaran, kinerja, dan kesejahteraan. Baginya, dengan anggaran yang dimiliki oleh fakultas, yang dituangkan dalam RAKL, memiliki ultimate goal. Ultimate goalnya, kinerja mahasiswa harus baik, target waktu kelulusan mahasiswa 8 semester dengan IPK rata-rata 3,25.

“Dosen harus mampu meningkatkan kinerjanya dan mendorong mahasiswa agar selesai kuliah tepat waktu. Nah dengan naiknya kinerja kita otomatis kinerja mahasiswa naik. Jika mahasiswa bahagia dosennya juga sejahtera,”papar Dindin.

Sementara itu, untuk meningkatkan kinerja dosen, Wakil Dekan bidang akademik, Dr. H. Enjang AS., M.Ag., M.Si. menyampaikan tentang persiapan perkuliahan semester genap.

“Ada beberapa dokumen yang sudah disediakan dan bapak Ibu silahkan iktu formatnya. Alhamdulillah semester kemarin dari ratusan dosen hanya 7 dosen yang tidak mengumpulkan RPS, sudah sangat baik. Semester sekarang saya berharap semua dosen bisa menyerahkan RPS semua. Jika semester kemarin tidak diumumkan, mohon maaf, untuk semester sekarang, bagi yang tidak mengumpulkan akan diumumkan di grup,”ujar Enjang.

Terkait dengan kelas yang tersedia, Enjang memohon maaf jika pada semester genap kelas yang tersedia berkurang, sehingga berpengaruh terhadap kelas yang diampu oleh para dosen. Karena sejumlah 21 rombongan belajar di kali 10 hilang. Karena semester 8 sudah tidak ada kuliah.***[] 



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru



27 Februari 2020 07:44

Dosen Harus Dorong Kinerja Mahasiswa

23 Februari 2020 07:01

FDK Sasar Dakwah Kawasan Pesisir



Tautan Terkait