Diperbarui pada 06 Maret 2020 12:45


FDK Tindaklanjuti Dakwah Kalangan Pesisir dengan KKP

[www.fdk.uinsgd.ac.id] - Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung menindaklanjuti workshop yang telah dilakukan beberapa kali tentang Dakwah untuk kalangan masyarakat pesisir dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Tindak lanjutnya berupa penandantangan kerja sama program Dakwah untuk kalangan masyarakat pesisir di Jawa Barat.

Hal tersebut diketahui dari sambutan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag. saat penyelenggaraan Stadiun General jurusan Pengembangan Masyarakat Islam di Aula Abdjan Soelaeman UIN Bandung, Kamis (05/03/2020).

“Kita akan tindaklanjuti kerja sama dengan KKP, di mana leading sektornya adalah Fakultas Dakwah dan Komunikasi, kita cari peluang dan korelasinya,”ujar Sarbini.

Sarbini melanjutkan, sejak tahun 2015 Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam pernah dijadikan sebagai centre of excellence UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Oleh karena itu penerimaan mahasiswa PMI waktu itu tidak pernah banyak, maksimal 2 kelas.  Karena, menurut Sarbini, mahasiswa PMI akan diarahkan menjadi pemberdaya-pemberdaya tangguh, hebat, dalam bidang SDM, lingkungan, dan ekonomi.

“Coba isu mana yang tidak ada di Indonesia terkait dengan garapan PMI. Maka jika mahasiswa PMI menguasai tiga keahlian itu akan menjadi pemberdaya hebat dan mendunia,”tegas Sarbini.

Menurut Sarbini, dengan orientasi ke depan dari mahasiswa jurusan PMI, mahasiswanya sangat haus akan ilmu, motivasi, dan pengalaman-pengalaman dari narasumber, sehingga ilmu yang dibagikan dapat memotivasi mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, mewakili Kementerian Kelautan dan Perikanan sekaligus nara sumber stadium general, Prof. Dr. H. Rokhmin Dahuri, M.S. Menteri Kelautan dan Perikanan era Presiden Megawati Soekarno Putri.

Setelah Dekan secara resmi membuka acara, dilakukan penandatanganan MoU antara Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan Kementerian Kelautan Republik Indonesia.

Rokhmin Dahuri sendiri menekankan bahwa lulusan PMI harus mampu mengubah mindset masyarakat pesisir dari mindset belanja ke mindset produksi.

“Ada hal yang membuat saya berbinar ketika berhadapan dengan mahasiswa PMI Fakultas Dakwah dan Komunikasi, karena potensi kelautan baru dimanfaatkan baru 20% saja. Oleh karena itu kita butuh SDM yang banyak melalui program pemberdayaan,”ujar Staf Ahli KKP era Jokowi tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Wakil Dekan Bidang I, Dr. Enjang AS., M.Ag., M.Ag. menyampaikan bahwa, mahasiswa PMI sangat berpotensi untuk merealisasikan program Dakwah Pesisir yang digagas oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi ke depannya.

Sedangkan ketua Jurusan PMI, Dr. H. Asep Sodikin, M.Ag. memberikan alasan, diselenggarakannya stadium general di awal kuliah untuk memotivasi mahasiswa PMI agar menjadi pemberdaya yang handal.***[]



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru



27 Februari 2020 07:44

Dosen Harus Dorong Kinerja Mahasiswa

23 Februari 2020 07:01

FDK Sasar Dakwah Kawasan Pesisir



Tautan Terkait