Diperbarui pada 07 Maret 2020 09:00


FDK Terapkan Kurikulum Berbasis OBE

[fdk.uinsgd.ac.id] - Fakultas Dakwah dan Komunikasi, mulai semester genap tahun akademik 2019/2020 mulai merealisasikan kurikulum berbasis outcome based education atau OBE. Semua dosen pada setiap jurusan wajib membuat Rencapa Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS).

Kegiatan penyusunan RPKPS langsung dipandu oleh Ruhanda, M.Ag. dari Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Didampingi langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. H. Enjang AS., M.Ag., M.Si., serta dipimpin langsung oleh ketua jurusan masing-masing.

Kegiatan dilaksanakan mulai Senin, 2-6 Maret 2020 di Aula FDK Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi lantai 4. Diselenggarakan dan dipimpin langsung oleh setiap jurusan; BKI, dilanjutkan oleh jurusan KPI, jurusan MD, jurusan Ilmu Komunikasi, dan jurusan PMI.  

Pada satu kesempatan, Ruhanda menyampaikan kepada dosen yang hadir, workshop penyusunan RPKPS berbasis OBE dilakukan untuk mengevaluasi kembali apa yang sudah dilakukan selama ini.

Outcome based educations  merupakan metode pembelajaran yang memiliki fokus pada capaian pembelajaran. Identifikasi dan penentuan pada CPL sangat penting karena menentukan metode yang digunakan untuk mengajar dan perencanaannya terutapa dalam RPS terintegrasi dengan kurikulum berbasis KKNI,”ujar Ruhanda.

Ruhanda, selain memberikan arahan RPKPS berbasis OBE sekaligus memberikan panduan praktis—contoh RPKPS yang sudah diasesmen perguruan tinggi dengan akreditasi internasional.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Enjang, menegaskan bahwa kegiatan workshop wajib diikuti oleh semua dosen yang mengajar pada semester berjalan, karena akan menentukan CPL mahasiswa.

“Saya berharap setiap dosen bisa mengikuti workshop ini, karena akan menentukan CPL mahasiswa ke depan,” ujar Enjang.

Pada kesempatan lain, Enjang menyampaikan bahwa semester sekarang diharapkan semua dosen bisa menyerahkan RPKPS semua. Jika semester kemarin tidak diumumkan, semester sekarang, bagi yang tidak mengumpulkan akan diumumkan di grup.***[]



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru



27 Februari 2020 07:44

Dosen Harus Dorong Kinerja Mahasiswa

23 Februari 2020 07:01

FDK Sasar Dakwah Kawasan Pesisir



Tautan Terkait