Diperbarui pada 21 Juli 2020 15:21


Pembelajaran Semester Ganjil 2020-2021, FDK Gunakan E-Knows

Semester ganjil 2020-2021 pembelajaran masih belum memungkinkan tatap muka langsung. Untuk menghindari keragaman penggunaan media pembelajaran Fakultas Dakwah dan Komunikasi memutuskan menggunakan media pembelajaran yang telah dimiliki oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu aplikasi e-Knows.

Mendukung keputusan tersebut, Fakultas Dakwah dan Komunikasi menyelenggarakan Bimbingan teknis Aplikasi e-Knows bekerja sama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD). Bertempat di Aula FDK Lantai 4 Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Selasa (21/07/2020) Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag. membuka secara resmi.

Beberapa alasan yang disampaikan oleh Dekan, karena variasi media pembelajaran yang digunakan oleh dosen tersebut cukup menyulitkan mahasiswa dan memberatkan. Menurut Dekan, pihak lembaga juga sulit melakukan control terhadap pelaksanaan pembelajarannya.

“Untuk perkuliahan semester depan tidak ada lagi penggunaan aplikasi yg bervariasi, selain menyulitkan dan memberatkan mahasiswa, juga sulit pengontrolanya. Sekarang karena UIN sudah memiliki e-knows semua wajib mwnggunakannya. Tanpa kecuali. Pak Rektor tidak ingin ada penggunaan aplikasi yang lain,”ujar Dekan.

“Oleh karena itu bapak dan ibu hari ini melakukan pelatihan harus sampai bisa, harus sampai terampil menggunakannya. Tidak ada alasan nanti penggunanya hanya 4 orang, semua harus bisa,” tegas Dekan.

Selamat mengikuti pelatihan dan saya berharap bapak dan ibu bisa mengikuti sampai selesai dan sampai bisa. Jika masih ada yg belum bisa, nanti ada tenaga muda yg membantu.

Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. H. Enjang AS., M.Si., M.Ag. selaku penanggung jawab pembelajaran, mendamping dan mengawal langsung bimbingan teknis tersebut. Serupa dengan yang disampaikan oleh Dekan, Wakil Dekan I menyampaikan,

“Proses pembelajaran yang menjadi salah satu perangkatnya adalah medianya, yang sudah dimiliki oleh UIN adalah e-knows. Maka pembelajaran 2020-2021 wajib menggunakan e-knows,”ujarnya kepada 90-an peserta yang berasal dari dosen.

Menutup pengantar  bimbingan teknis, Enjang berpesan, jika ada hal yang penting untuk disampaikan harap bersabar, agar bisa disampaikan saat selesai. Karena waktunya terbatas. Nanti tiap jurusan juga akan memfsilitasinya melalui kordinatornya masing-masing.

Nara Sumber, Dr. H. Cecep Nurul Alam, S.T., M.T. memberikan alasan kenapa menggunakan aplikasi pembelajaran e-knows. Bagi dosen Teknik Informatika tersebut, di antara banyak engine, lms yang digunakan oleh UIN Bandung menjadi aplikasi yang powerfull.

“Di antara banyak engine, lms menjadi lms yang powerfull. Di Indonesia telah ada sekitar 5000 lembaga yang menggunakannya. Dan sekitar 15.000 pengguna di Dunia,”ujarnya.

Selanjutnya, dosen mendapatkan bimbingan teknis penggunaan e-kows UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dari mulai pembuatan akun, penyetelan kelas, unggah materi hingga penyelenggaraan ujian melalui aplikasi tersebut.



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru


17 September 2020 14:04

Masa Pandemi FDK Tetap Produktif





Tautan Terkait