Diperbarui pada 07 Oktober 2020 09:39


Perkuliahan Semester Gasal Gunakan eKnows

[fdk.uinsgd.ac.id] - Perkuliahan pada semester Gasal tahun ajaran 2020/2021 wajib dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi yang disediakan oleh pihak UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hal tersebut disampaikan oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag. pada seratus dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi, dalam kegiatan pengarahan dan persiapan perkuliahan semester gasal, Jumat (25/09/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula FDK Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi, juga menghadirkan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ahmad Fatoni, M.Ag. untuk memberikan pengarahan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas peran dan kinerja bapak ibu pada smt genap kemarin secara daring yg sudah berjalan lancar. Nilai hampir 100 persen masuknke jurusan. Mudah2an menjadi amal soleh di sisi Allah SWT,”ujar dekan.

Dekan menyampaikan bahwa, yang pertama harus betul-betul tahu dan paham. Perkuliahan kita sudah harus berbasis KKNI. Artinya kurikulum kita capaian perkulihnnya atau outcome bukan lagi output harus jelas capaiannya. Proses perkuliahan skr tidak musim hanya transfer ilmu, ngasih tugas, ketrampilan, tapi hasil kuliah harus dicapai. Jika kompetensi di bawah 60 maka belum layak lulus dalam mata kuliah yang diajar.

“Kuncinya materi kuliah 100 persen harus tercapai secara sempurna. Melalui perkuliahan daring tidak menutup kemungkinan bisa disampaikan. Kedua dlm perkuliahan kompetensi tercapai. Apa kompetensi penting dalam mata kuliah hingga mahasiswa bisa mencapainya”, tegas dekan.

Kesempatan tersebut, dekan juga menyampaikan bahwa mahasiswa  Fakultas Dakwah dan Komunikasi sekarang ijazahnya sudah harus wajib disertai SKPI. Harus ada bukti sertifikasi dari lembaga yang legitimit. Kuliah sekarang yang berbobot praktik harus difasilitasi agar mahasiswa bisa mendapat sertifikat tersebut. Variasi sertifikasi harus dikeluarkan oleh lembaga yang terpercaya.

Terkait dengan penggunaan eKnows, dekan berujar bahwa tidak bisa terburu-buru semua dosen menggunakan eKnows karena ada persoalan-persoalan misalnya belum sinkronnya dengan salam.

Isu lain yang dibahas dekan terkait dengan isu goodlooking. Ia berhadap dosen dapat mengimbangi dengan moderasi Islam. Dosen dapat menyampaikan visi misi moderasi beragama dengan mengurangi sikap dan pikiran radikal.

Wakil Rektor III, Prof. Dr. Ahmad Fatoni, M.Ag. menekankan pada pentingnya berbagi peran antara pimpinan dengan dosen. Karena tidak semua peran dapat dilakukan semua oleh pejabat kampus.

“Tidak mungkin 24.000 mahasiswa ditangani oleh warek 3 dan wadek 3. Karena yang paling dekat dengan mahasiswa itu adalah dosen maka peran dosen menjadi penting”,ujarnya

Wakil Rektor menyampaikan visinya, bahwa mahasiswa harus memiliki soft skill dan hardskill. Mahasiswa harus memiliki mindset untuk berubah, bukan lagi untuk nilai atau ijazah. Ini harus diubah paradigmanya.

Hal lain yang disampaikan oleh Wakil Rektor Ahmad Fatoni adalah tentang integritas dan ketrampilan. “Percuma ipk 3.80 tapi tidak bisa apa-apa. Satu sisi punya kemampuan kognisi tapi juga punya keterampilan. Ini yg dikembangkan oleh bidang kemahasiswaan,”ujarnya.

“Obsesi lain terkait dengan akhlak, etika bergaul, dan lainnya. Melalui pelatihan di laboratorium. Tugas ini tentu bukan hanya tugas kami, tapi kami juga mengharapkan peran dari bapak dan ibu dosen. Apalagi merujuk pada UU Guru dan dosen; ia menjadi pendidik profesional dan ilmuwan”, tambahnya.

Oleh karena itu, menurut Warek, tugas dosen bukan hanyan mentrasformasi ilmu kepada mahasiswa tapi sebagai pendidik. Maka sy berharap peran sebagai pendidik diperankan oleh bapak dan ibu saat menyampaikan ilmu kepada mahasiswa.***[]



Kirim Komentar

Nama
Alamat Email
Komentar
Kode Captcha:

Profil Fakultas

Fakultas Dakwah dan Komunikasi pada awalnya merupakan salah satu jurusan di Fakultas Ushuluddin, yaitu Jurusan Dakwah, yang sudah ada sejak berdirinya IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 28 Mei 1968.

Selengkapnya


Pengaduan dan Saran

Mahasiswa, dosen, serta masyarakat lainnya dapat mengirimkan pengaduan atau saran kepada pihak fakultas baik terkait dengan pelayanan maupun kegiatan akademik. Pengaduan dapat dikirim melalui tautan di bawah.

Kirim Pengaduan


Informasi Terbaru

21 Oktober 2020 09:38

Purnabakti jadi Motivasi



17 September 2020 14:04

Masa Pandemi FDK Tetap Produktif



Tautan Terkait